POCARI
SWEAT
(Segmentasi, Targeting, Possioning)
PROFIL SINGKAT
Pocari Sweat merupakan minuman
isotonik yang pada awalnya diproduksi di Jepang. Produsennya adalah PT Otsuka
Pharmaceutical, suatu perusahaan farmasi yang tidak membuat produk sesuai
keinginan pasar, akan tetapi perusahaan ini membuat produk berdasarkan riset
atau bukti-bukti ilmiah, kemudian memperkenalkannya ke pasar. Hal inilah yang
menyebabkan produk-produknya, termasuk Pocari Sweat, memerlukan usaha ekstra
dalam pemasarannya. Pocari Sweat merupakan produk nutrasetikal. Produk
nutrasetikal didefinisikan sebagai sejumlah bahan untuk pangan atau bagian dari
pangan yang memberi keuntungan medis, termasuk di dalamnya adalah mencegah
penyakit atau menangani penyakit. Oleh karena itu, PT Otsuka Pharmaceutikal
terus mengembangkan usahanya hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.
SEGMENTATION
Pemilahan ini bisa berdasarkan
usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka
mengkonsumsi produk.
Pocari sweat memiliki berbagai macam
kemasan mulai dari ukuran sachet 15gr sampai dengan ukuran botol 2000ml. Jadi
kita bisa memilih ukuran apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan
tentunya budget kita.
- Demografis
1. Usia 15 sampai 35 tahun
2. Perempuan dan Laki-laki sama-sama bisa mengonsumsi
produk ini.
3. Mulai dari Rp 300.000/bulan saja sudah bisa mengonsumsi
produk ini karena harga pocari
sweat sangat terjangkau.
sweat sangat terjangkau.
- Geografis
Baik yang berada di perkotaan maupun
di pedesaan.
- Psikografis
- Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya bisa mengonsumsi produk ini.
- Gaya hidup: yang suka bekerja keras dan banyak mengeluarkan keringat, salah satu contohnya yaitu atlet. Tidak hanya itu ketika sedang bersantaipun mereka bisa mengkonsumsi minuman ini. Ketika berolahraga apapun jenis olahraganya lari, renang dan lain-lain
- Mulai dari masyarakat menengah kebawah sampai masyarakat menengah keatas bisa mengonsumsi minuman ini.
Ada beberapa strategi pemasaran yang
tepat dijalankan untuk produk Pocari Sweat di tengah-tengah kompetitor yang
mulai bermunculan :
1. Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors
terhadap tokoh terkemuka yang kompeten
terhadap produk minuman ini
2. Pembuatan iklan yang lain dari yang lain seperti
yang sudah pernah diluncurkan Pocari (Pocari Sweat Goes to Space).
3. Menekankan positioning bahwa Pocari bukan
semata-mata minuman untuk orang sakit, tapi minuman yang bisa dipakai kapan
saja dan dalam kondisi apa saja.
4. Penambahan varian kemasan bukan pada rasa
ataupun ingredient, dengan jalan meluncurkan kemasan sachet isi 15 gram yang
harga ritelnya hanya Rp. 1.500,-. Dengan demikian, hal ini dapat memperluas
Pocari ke segmen-segmen konsumen yang lebih rendah
TARGETING
·
Target pasar yang dituju oleh Pocari
Sweat terbagi dalam dua segmen inti yaitu:
Kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis dan memiliki kepedulian akan kesehatan dan penampilan. Ini terlihat dari komunikasi pemasaran yang menampilkan talent yang masih berusia muda dan berprestasi di bidang olahraga dan entertainment.
Kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis dan memiliki kepedulian akan kesehatan dan penampilan. Ini terlihat dari komunikasi pemasaran yang menampilkan talent yang masih berusia muda dan berprestasi di bidang olahraga dan entertainment.
·
Keluarga, khususnya membidik
keluarga dari pasangan muda yang cenderung terbuka dengan berbagai produk
kesehatan di luar herbal. Ini terlihat dari kemasan produk family ukuran 1L dan
2L. Dalam komunikasi pemasarannya, pasar dididik untuk menyadari bahwa dalam
aktivitas sehari-hari mengkonsumsi air putih saja tidaklah cukup.
POSITIONING
1.
Pocari Sweat ini sudah memiliki
brand image yang sangat kuat di hati para konsumen.Karena minuman ini adalah
pengganti ion tubuh yang pertama kali di ciptakan di dunia.Komposisi Pocari
Sweat mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan eklektrolit yang seimbang,
sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa,
sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. selain itu dengan kelebihan
tersebut, Pocari Sweat dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh
sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.walaupun sekarang sudah
banyak kompetitor-kompetitor yang sejenis . Pocari Sweat terus berada di puncak
dengan selogan “Go Ion”.
2.
Saat ini terdapat sejumlah pemain
untuk kategori produk minuman isotonik. Berdasarkan data dari Balai Pengawasan
Obat dan Makanan/ BPOM, terdapat 83 produk minuman isotonik yang terdaftar di
BPOM dengan sekitar 31 merek. Kemudian dari merek-merek tersebut
dapat dipersempit kembali menjadi lima besar merek-merek top di
pasar minuman isotonik Indonesia.
Tabel
1.1 TOP BRAND INDEX 2008
(Kategori
Minuman Isotonik)
Merek
|
TBI
|
Pocari
Sweat
|
53.4
%
|
Mizone
|
38.7
%
|
Vita
Zone
|
4.8
%
|
Powerade
|
0.6
%
|
Optima
Sweat
|
0.5
%
|
Sumber:
Produk Komplemen BPOM, http://www.pom.go.id/
Berdasarkan hasil survei diatas,
maka dapat dilihat bahwa saat ini di pasar minuman isotonik masih dipimpin oleh
Pocari Sweat (53.4%) berhasil melampaui rata-rata industrinya yaitu sekitar 30
– 40 %. Dengan kondisi tersebut, Pocari Sweat saat ini berada di posisi market leader dengan
market share sekitar 50%.
Kesimpulan
Pocari sweat adalah minuman
pengganti ion tubuh, rutinitas yang cukup padat setiap harinya, cairan di dalam
tubuh pun akan cepat berkurang dengan banyaknya aktivitas yang di lakukan,
mengonsumsi pocari sweat bisa menggantikan cairan tubuh yang telah berkurang.
sehingga terbebas dari dehidrasi dan bisa kembali beraktivitas.
Pocari sweat sangat cocok untuk di
konsumsi setiap hari. Dan pocari sweat memiliki berbagai macam kemasan mulai
dari ukuran sachet 15gr sampai dengan ukuran botol 2000ml. Jadi kita bisa
memilih ukuran apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan tentunya
budget kita. semua orang dari lapisan manapun dan kalangan manapun baik
perempuan atau laki-laki, tua atau muda, semuanya dapat mengonsumsi Pocari
Sweat. Produk ini bisa didapatkan dimanapn baik dikota mapn di desa. Sampai
sekarang produk Pocari Sweat masih menjadi market Leader atau pemimpin di pasar
minuman isotonik berbekal dari promosi yang menarik serta inovasi dan kreasi
yang dikembangkan dengan baik terutama di bagian manjemennya.
0 Komentar