Segmentasi Targeting Possioning



 POCARI SWEAT

 (Segmentasi, Targeting, Possioning)

PROFIL SINGKAT 
                Pocari Sweat merupakan minuman isotonik yang pada awalnya diproduksi di Jepang. Produsennya adalah PT Otsuka Pharmaceutical, suatu perusahaan farmasi yang tidak membuat produk sesuai keinginan pasar, akan tetapi perusahaan ini membuat produk berdasarkan riset atau bukti-bukti ilmiah, kemudian memperkenalkannya ke pasar. Hal inilah yang menyebabkan produk-produknya, termasuk Pocari Sweat, memerlukan usaha ekstra dalam pemasarannya. Pocari Sweat merupakan produk nutrasetikal. Produk nutrasetikal didefinisikan sebagai sejumlah bahan untuk pangan atau bagian dari pangan yang memberi keuntungan medis, termasuk di dalamnya adalah mencegah penyakit atau menangani penyakit. Oleh karena itu, PT Otsuka Pharmaceutikal terus mengembangkan usahanya hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

SEGMENTATION
                 Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Pocari sweat memiliki berbagai macam kemasan mulai dari ukuran sachet 15gr sampai dengan ukuran botol 2000ml. Jadi kita bisa memilih ukuran apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan tentunya budget kita.
- Demografis  
        1. Usia 15 sampai 35 tahun
        2. Perempuan dan Laki-laki sama-sama bisa mengonsumsi produk ini. 
        3. Mulai dari Rp 300.000/bulan saja sudah bisa mengonsumsi produk ini karena harga pocari 
            sweat sangat terjangkau.
- Geografis
   Baik yang berada di perkotaan maupun di pedesaan.

- Psikografis
  1. Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya bisa mengonsumsi produk ini.
  2. Gaya hidup: yang suka bekerja keras dan banyak mengeluarkan keringat, salah satu contohnya yaitu atlet. Tidak hanya itu ketika sedang bersantaipun mereka bisa mengkonsumsi minuman ini. Ketika berolahraga apapun jenis olahraganya lari, renang dan lain-lain
  3. Mulai dari masyarakat menengah kebawah sampai masyarakat menengah keatas bisa mengonsumsi minuman ini.
Ada beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk Pocari Sweat di tengah-tengah kompetitor yang mulai bermunculan :
1. Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors terhadap tokoh terkemuka yang     kompeten terhadap produk minuman ini
2.  Pembuatan iklan yang lain dari yang lain seperti yang sudah pernah diluncurkan Pocari (Pocari Sweat Goes to Space).
3.  Menekankan positioning bahwa Pocari bukan semata-mata minuman untuk orang sakit, tapi minuman yang bisa dipakai kapan saja dan dalam kondisi apa saja.
4.  Penambahan varian kemasan bukan pada rasa ataupun ingredient, dengan jalan meluncurkan kemasan sachet isi 15 gram yang harga ritelnya hanya Rp. 1.500,-. Dengan demikian, hal ini dapat memperluas Pocari ke segmen-segmen konsumen yang lebih rendah
TARGETING
 
·      Target pasar yang dituju oleh Pocari Sweat terbagi dalam dua segmen inti yaitu:
 Kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis dan memiliki kepedulian akan kesehatan dan penampilan. Ini terlihat dari komunikasi pemasaran yang menampilkan talent yang masih berusia muda dan berprestasi di bidang olahraga dan entertainment.
·      Keluarga, khususnya membidik keluarga dari pasangan muda yang cenderung terbuka dengan berbagai produk kesehatan di luar herbal. Ini terlihat dari kemasan produk family ukuran 1L dan 2L. Dalam komunikasi pemasarannya, pasar dididik untuk menyadari bahwa dalam aktivitas sehari-hari mengkonsumsi air putih saja tidaklah cukup.
POSITIONING

1.        Pocari Sweat ini sudah memiliki brand image yang sangat kuat di hati para konsumen.Karena minuman ini adalah pengganti ion tubuh yang pertama kali di ciptakan di dunia.Komposisi Pocari Sweat mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan eklektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. selain itu dengan kelebihan tersebut, Pocari Sweat dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.walaupun sekarang sudah banyak kompetitor-kompetitor yang sejenis . Pocari Sweat terus berada di puncak dengan selogan “Go Ion”.
2.        Saat ini terdapat sejumlah pemain untuk kategori produk minuman isotonik. Berdasarkan data dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan/ BPOM, terdapat 83 produk minuman isotonik yang terdaftar di BPOM dengan sekitar 31 merekKemudian dari merek-merek tersebut dapat dipersempit kembali menjadi lima besar merek-merek top di pasar minuman isotonik Indonesia.

Tabel 1.1 TOP BRAND INDEX 2008
(Kategori Minuman Isotonik)
Merek
TBI
Pocari Sweat
53.4 %
Mizone
38.7 %
Vita Zone
4.8 %
Powerade
0.6 %
Optima Sweat
0.5 %
Sumber: Produk Komplemen BPOM, http://www.pom.go.id/

Berdasarkan hasil survei diatas, maka dapat dilihat bahwa saat ini di pasar minuman isotonik masih dipimpin oleh Pocari Sweat (53.4%) berhasil melampaui rata-rata industrinya yaitu sekitar 30 – 40 %. Dengan kondisi tersebut, Pocari Sweat saat ini berada di posisi market leader dengan market share sekitar 50%.



Kesimpulan



Pocari sweat adalah minuman pengganti ion tubuh, rutinitas yang cukup padat setiap harinya, cairan di dalam tubuh pun akan cepat berkurang dengan banyaknya aktivitas yang di lakukan, mengonsumsi pocari sweat bisa menggantikan cairan tubuh yang telah berkurang. sehingga terbebas dari dehidrasi dan bisa kembali beraktivitas.

Pocari sweat sangat cocok untuk di konsumsi setiap hari. Dan pocari sweat memiliki berbagai macam kemasan mulai dari ukuran sachet 15gr sampai dengan ukuran botol 2000ml. Jadi kita bisa memilih ukuran apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan tentunya budget kita. semua orang dari lapisan manapun dan kalangan manapun baik perempuan atau laki-laki, tua atau muda, semuanya dapat mengonsumsi Pocari Sweat. Produk ini bisa didapatkan dimanapn baik dikota mapn di desa. Sampai sekarang produk Pocari Sweat masih menjadi market Leader atau pemimpin di pasar minuman isotonik berbekal dari promosi yang menarik serta inovasi dan kreasi yang dikembangkan dengan baik terutama di bagian manjemennya.

Related Post

0 Komentar