Peranan Internet Dalam Dunia Marketing


   Pengertian
 
                       Internet marketing (e-marketing) dapat di artikan sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan media Internet. Kata e dalam e-marketing ini dapat di artikan sebagai elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik, yang dalam hal ini melalui internet.

aktifitas yang di lakukan pada internet marketing pada umumnya meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek (calon pembeli/pelanggan), serta penulisan kalimat-kalimat pemasaran (copywriting). Adapun tehnik-tehnik yang umumnya di gunakan pada internet marketing meliputi pembuatan website/blog (Web development), promosi melalui banner di website milik orang lain (Banner/Link exchange), promosi melalui optimalisasi mesin pencari informasi (search engine optimization SEO), promosi melalui e-mail (email advertising), pemasaran melalui sistim afiliasi (affiliate marketing), serta iklan interaktif (interactive advertising).
hal terpenting yang harus di lakukan oleh para pelaku internet marketing adalah memberikan informasi yang lengkap dan sejelas mungkin, terkait dengan produk atau jasa yang di pasarkan. Hal penting selanjutnya adalah bagaimana mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melihat informasi yang telah kita buat sebelumnya. Untuk mendukung dua hal tersebut diperlukan tehnik branding, yaitu sebuah tehnik untuk membuat kesan indah atau menarik atas produk atau jasa yang telah kita pasarkan. Hal penting terakhir adalah memastikan kita dapat melakukan proses Penjualan dari produk atau jasa yang kita pasarkan.

2     Manfaat Internet dalam dunia pemasaran
  1. Menciptakan pasar yang kompetitif dimana usaha kecil memiliki peluang untuk berkembang  lebih cepat dan menjadi perusahaan yang lebih besar. 
  2. Mempermudah sekaligus memperluas  jaringan pemasaran
  3. Berpotensi mendapatkan pelanggan yang lebih besar
  4. Terbukanya jaringan dan kerjasama dengan pengusaha / organisasi lain.
  5. Bisa membuka program afiliasi, yaitu “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”

Dalam memasarkan suatu produk dapat menggunakan berbagai media, baik itu media online (pemasaran yang di lakukan dengan menggunakan media internet), contohnya iklan di blogger, wordpress, dsb) , media elektronik ( pemasaran yang dilakukan menggunakan media elektronik, contohnya iklan di Televisi, Radio dll), media cetak ( pemasaran yang dilakukan menggunakan media cetak, contohnya iklan di Koran, majalah, brosur dsb).

Previous
Next Post »
0 Komentar