Pengertian
Internet marketing (e-marketing) dapat di artikan sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan media Internet. Kata e dalam e-marketing ini dapat di artikan sebagai elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik, yang dalam hal ini melalui internet.
aktifitas
yang di lakukan pada internet marketing pada umumnya meliputi hal-hal
yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek (calon
pembeli/pelanggan), serta penulisan kalimat-kalimat pemasaran (copywriting). Adapun
tehnik-tehnik yang umumnya di gunakan pada internet marketing meliputi
pembuatan website/blog (Web development), promosi melalui banner di
website milik orang lain (Banner/Link
exchange),
promosi melalui optimalisasi mesin pencari informasi (search engine
optimization SEO), promosi
melalui e-mail (email advertising), pemasaran melalui sistim afiliasi (affiliate
marketing), serta iklan interaktif (interactive advertising).
hal terpenting yang harus di lakukan oleh para pelaku internet
marketing
adalah memberikan informasi yang lengkap dan sejelas mungkin, terkait dengan
produk atau jasa yang di pasarkan. Hal penting selanjutnya adalah bagaimana
mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melihat informasi yang telah
kita buat sebelumnya. Untuk mendukung dua hal tersebut diperlukan tehnik
branding, yaitu sebuah tehnik untuk membuat kesan indah atau menarik atas
produk atau jasa yang telah kita pasarkan. Hal penting terakhir adalah
memastikan kita dapat melakukan proses Penjualan dari produk atau jasa yang
kita pasarkan.
2
Manfaat
Internet dalam dunia pemasaran
- Menciptakan pasar yang kompetitif dimana usaha kecil memiliki peluang untuk berkembang lebih cepat dan menjadi perusahaan yang lebih besar.
- Mempermudah sekaligus memperluas jaringan pemasaran
- Berpotensi mendapatkan pelanggan yang lebih besar
- Terbukanya jaringan dan kerjasama dengan pengusaha / organisasi lain.
- Bisa membuka program afiliasi, yaitu “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”
Dalam
memasarkan suatu produk dapat menggunakan berbagai media, baik itu media
online (pemasaran yang di lakukan dengan menggunakan media internet),
contohnya iklan di blogger, wordpress, dsb) , media elektronik ( pemasaran yang
dilakukan menggunakan media elektronik, contohnya iklan di Televisi, Radio
dll), media cetak ( pemasaran yang dilakukan menggunakan media cetak, contohnya
iklan di Koran, majalah, brosur dsb).
0 Komentar